Archives : October 2008


PENGARUH MAKANAN TERHADAP WATAK

Mungpung belum terlambat, bersama ini perkenankanlah saya sedikit membahas tentang : “PENGARUH MAKANAN TERHADAP SIFAT MANUSIA” pada umumnya. Terutama yang saya kemukakan disini adalah bagaimana cara kita untuk mendapatkan makanan sehingga layak untuk dikonsumsi oleh tubuh kita serta keluarga yang kita nafkahi.

Read more 25/10/2008

Dont Be Afraid

Sadhaka yang telah menyadari akan Brahma (yang tak terjangkau melalui kata-kata atau pikiran) sebagai perwujudan kebahagiaan (bliss) tak akan merasa takut di alam semesta ini. Satu musuh terbesar manusia adalah rasa takut. Karena takut banyak sekali potensi manusia yang terbuang yang mengakibatkan lambannya jaln pertumbuhan karakter manusia. Padahal tidaklah sulit untuk mengalahkan rasa takut ini; seseorang hanya perlu memasrahkan diri kepada Brahma.

Read more 06/10/2008

SARASWATI: Sapta Sindhu, Sapta Gangga, Dan Sapta Ongkara

Hari suci Saraswati disucikan oleh umat Hindu di seluruh dunia. Umat Hindu di India dan sekitarnya melakukan Saraswati Puja setahun sekali, yaitu pada hari kelima. setelah bulan purnama (Panchami Tithi) dan disebut Sukia Pancami pada bulan Magha (Januari-Februari). Hari ini jüga lebih dikenal secara meluas sebagai Vasanta Panchami.

Read more 06/10/2008

Kita Lupa Bahagia

Pengetahuan tentang ketakterpisahan diri dari Brahman – yang mana Brahman yang merupakan sifat non dual kebahagiaan dicapai oleh orang bijaksana – yang adalah alat untuk melenyapkan penderitaan (samsara).

Read more 06/10/2008

Mengendalikan Nafsu Seks, Menurut Ajaran Hindu

ADA tiga kebutuhan hidup manusia yang paling menonjol yaitu kebutuhan biologis, sosiologis, dan filosofis. Tiga kebutuhan tersebut saling melengkapi. Kebutuhan biologis seperti makan, minum, dan hubungan seks. Tiga kebutuhan biologis itu tidak bisa lepas dengan kebutuhan sosiologis dan filosofis. Jika pemenuhan kebutuhan biologis tidak berdasarkan aspek sosiologis dan filosofis, manusia bisa diidentikkan dengan hewa

Read more 06/10/2008

Bunga Kamboja, Kain Prada dan Kain Poleng

Arti : Sebagai wujud kesucian hati (menurut sumber sastra Hindu seperti Purana dan lontar-lontar di Bali seperti Agastya Parwa dan Siwaratrikalpa, segala jenis bunga yang memancarkan bau harum, segar dan bersih dapat persembahkan kepada-Nya sebagai wujud kesucian hati para penyembah-Nya.

Read more 06/10/2008

Trend “GAUL (PACARAN)” Generasi Muda Hindu

“Manusah sa śarve bhūtesu varttate vai subhāsubhe, asubhesu sāmavistam subhesvevāvakarayet – Diantara semua mahluk hidup, hanya yang dilahirkan menjadi manusia sajalah, yang dapat melaksanakan perbuatan baik ataupun buruk, leburlah ke dalam perbuatan baik, segala perbuatan yang buruk itu, demikianlah gunanya menjelma menjadi manusia”. (Sarasamuccaya. 2).

Read more 06/10/2008

Recent

Archive