Archives : May 2009


Bahan untuk penataran pinandita

Pinandita merupakan:

Penghubung antara umat dengan tuhan, untuk menyampaikan apa yang kita aturkan dan permohonan kita,  

Memohon kehadiran tuhan untuk turun sesuai denga parahyangan tempat kita bersembahyang

Oleh karena itu sebaiknya pinandita:

Orang yang suci secara lahir dan bathin

Rela berkorban dalam segala hal (las caria) / mengabdikan diri sepenuhnya pada umat

Mempunyai pengetahuan yang memadai tentang ketuhanan dan upacara/ upakara

Suksma

Read more 17/05/2009

BANYU PINAWURUH-PANGEWRUH

O Sarasvatī namostubhya varade kāma rûpinī, siddhirāmbha karisyāmi siddhir bhavantu mesada

O Hyang Vidhi dalam wujud-Mu sebagai dewi Saravatī, pemberi berkah, wujud kasih bagai seorang ibu sangat didambakan didambakan. Semogalah segala kegiatan yang hamba lakukan selalu berhasil atas karunia-Mu). Sarasvatīstava

 

Di samping abhisekanāma tersebut di atas, Anugrah pengetahuan Sarasvatī disebut memiliki berbagai fungsi atau peranan, antara lain:

a.    Saravatī penganugrah kekayaan (gveda I.164.49).

b.   Sarasvatī penganugrah kegembiraan (gveda I.13.9., V.5.8).

c.    Sarasvati penganugrah keturunan (gveda VI.6l.1).

d.   Sarasvati penganugrah makanan (gveda II.41.18.,VI.61.3).

Read more 16/05/2009

Saripati Bhagavadgita

Filsafat dari Gita adalah sintesa yang luar biasa dari filsafat, dari Upanisad dan berbagai aliran dalam agama Hindu yang muncul dari berbagai periode.  Perbedaan pandangan dualistik dan non dualistik dalam filsafat Hindu, dan pandangan yang berbeda dari berebagai aliran pikiran dalam tradisi agama Hindu, menemukan penyatuan dalam semangat spiritual dalam Gita. Walaupun interpretasinya dapat beraneka ragam, filsafat dalam Bhagavadgita dapat diringkas sebagai berikut:

Read more 11/05/2009

Buletin Kulkul edisi 75

Ada kehenengan yang teramat sangat

 Ini sebuah malam yang indah, dan ada bayang-bayang gelap pekat dalam berbagai bentuk. Ketika itu rembulan sangat terang dan bayang-bayang sangat  heneng, dimana dedaunan yang tercuci bersih [oleh hujan] tampak berkilauan.

Berjalan-jalan dan berbincang, meditasi berlangsung dibawah kata-kata serta keindahan malam. Ia berlangsung pada suatu kedalaman yang teramat-sangat, mengalir ke luar dan ke dalam; ia meledak dan mengembang.

 Kita menyadarinya; ia terjadi; kita tidak mengalaminya mengalami adalah membatasi ia terjadi. Tidak ada partisipasi di dalamnya; pikiran tidak bisa berbagi itu karena betapapun juga pikiran adalah sesuatu yang begitu rapuh dan mekanisnya, tidak juga emosi bisa terlibat di dalamnya; mereka juga terlalu aktif mengganggu. Ia terjadi pada kedalaman yang sedemikian tak dikenal sebab tak ada pengukuran. Akan tetapi ada kehenengan yang teramat sangat. Ia cukup mengejutkan dan sama-sekali tidak seperti biasa.

Om Santih, Santih, Santih,,,,OM

Read more 11/05/2009

Spiritualitas dalam Praktek,

Di kalangan masyarakat kata spiritual dipahami sebagai sesuatu yang sulit dipahami, dan seolah-olah sangat sulit untuk dicapai. Sesuatu yang “jauh” dan sulit dijangkau. Hanya orang-orang tertentu yang bisa mencapainya, hanya bisa dicapai oleh para rohaniwan, para penekun kebatinan, para pandita atau pinandita, demikian sering kita berpikir. Ada hal penting yang terlupakan bahwa setiap manusia yang dilahirkan dalam dirinya tersedia “bibit dan ruang spiritual.”  Banyak rohaniwan yang tidak bisa membedakan antara ritual dengan spiritual, antara kawisesan (kesaktian) dengan spiritual. Semuanya dicampurbaurkan, baru berbicara sedikit tentang hal-hal non fisik, metafisik atau hal-hal irasional, sudah mengaku pelaku spiritual. Walaupun ada orang-orang tertentu mengatakan, “Saya sudah bertahun-tahun menekuni spiritual…………..” kelompok ini pun sesungguhnya masih ragu.

Read more 11/05/2009

Recent

Archive